SELEKSI UMROH UNTUK ASN PROVINSI JAWA BARAT

    Dibaca 818 kali

Berganti Kepala Daerah tentu berganti pula visi pembangunan suatu Daerah, begitupun dengan Provinsi Jawa Barat. Semenjak dilantiknya Bapak Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat, kini Provinsi Jawa Barat mempunyai visi pembangunan lima tahun kedepan dengan tajuk Jawa Barat Juara Lahir Bathin.

 

Berlandaskan hal tersebut BKD Provinsi Jawa Barta berusaha dengan cepat untuk menyesuaikan arah pembangunan Provinsi Jawa Barat, khususnya dalam hal pembangunan Aparatur Sipil Negara Provinsi Jawa Barat. Pada konsep ini tentunya pembangunan bukan berupa pembangunan secara ril lebih tepatnya pembangunan mental dan spiritual bagi para ASN Provinsi Jawa Barat.

 

Kembali kepada visi pembangunan Provinsi Jawa Barat lagi, BKD Provinsi Jawa Barat  menerjemahkannya dengan secara serius dan tepat. Hal tersebut terejawantahkan kedalam kegiatan Seleksi Umroh Gratis Untuk ASN Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu,  tanggal 20 Februari 2019 yang bertempat di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Jalan Ternate Nomor 2, Bandung.

 

Visi pembangunan Provinsi Jawa Barat ditafsirkan oleh BKD Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Kesejateraan dan Disiplin BKD Provinsi Jawa Barat kedalam kegiatan tersebut setidaknya memiliki beberapa tujuan, yang pertama yaitu untuk meningkatkan spiritualitas kerja Aparatur dalam mendalami makna luhur kerja, pada dasarnya ASN merupakan pekerjaan yang mulai karena esensi dari ASN itu adalah pelayanan menuju kesejahteraan masyarakat, diharapkan para ASN Provinsi Jawa Barat menyadari betul akan hal tersebut sehingga dari setiap hasil kerjanya dioreintasikan sebagai amal jariyah yang bermanfaat bagi para ASN itu sendiri. Kemudian tujuan yang kedua adalah untuk meningkatkan dan menyempurnakan pengamalan Syariat Islam bagi Aparatur di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sudah banyak para pakar dan akademisi menyatakan bahwa Indonesia mengalam krisis moral hal tersebut terlihat dari kerapnya KPK menangkap para pelaku pelanggaran keuangan, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan melunturnya iman dari para pelaku pelanggaran, dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan para ASN bisa mempraktikan amal Syariat Islam yang luhur pada pekerjaannya sehari-hari,  para ASN diharapkan bekerja dengan keimanan  yang tinggi serta merasa terus diawasi oleh Allah Subhanahu wataala. Dan yang terkahir tujuan dari diselenggarakannya acara tersebut adalah untuk meningkatkan semangat pengabdian dan ketulusan hati paratur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Para peserta proses seleksi ini diikuti sebanyak 46 peserta yang merupakan perwakilan dari Perangkat Daerah dan Biro lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Kemudian proses seleksi tersebut terbagi menajdi tiga jenis seleksi pertama Seleksi Administrasi, Tes Tertulis dan terkakhir tes lisan. Adapun tim seleksi yang ditunjuk oleh BKD Provinsi Jawa Barat bekerja dengan Kredibel dan memegang teguh azas independensi, para tim seleksi berasal dari utusan Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Barat dan para akademisi dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung.

 

Dalam pembukaan acara tersebut Kepala Sub Bagian Kesejahteraan BKD Provinsi Jawa Barat Bapak Mochammad Imam Yunizar, S.Stp., M.Si dalam sambutannya berharap bahwa dengan diselenggarakan nya acara ini menjadi pemicu dalam mengimplementasikan nilai-nilai dari pada ibadah umroh kepada kegiatan para ASN sehari-hari, “Hikmah dari penyelenggaraan ibadah umroh bagi Aparatur Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini, diharapkan dapat diimplementasikan dalam lingkungan kerja masing-masing, dengan semakin meningkatnya keimanan, kedispilinan dan kinerja aparatur, yang dilandasi dengan semangat pengabdian yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab, maka akan semakin meningkat pula tingkat pelayanan kepada masyarakat, sebagai wahan beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala,” ujarnya.