ORIENTASI CPNS 2019

    Dibaca 843 kali

 

Seleksi CPNS sudah dilalui dan akhirnya para peserta Seleksi CPNS yang dinyatakan lulus memasuki masa Orientasi CPNS yang dimulai pada tanggal 22 April 2019 sampai dengan 30 April 2019 bertempat di Pusdikajen Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Peserta yang dinyatakan Lulus Tes Seleksi CPNS 2019 dan mengikuti Masa Orientasi CPNS sebanyak 1068 yang terdiri dari 446 putra dan 622 putri. Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Orientasi CPNS saat ini, yaitu pelaksanaan Orientasi CPNS dilakukan dalam empat gelombang. Gelombang pertama diikuti oleh 268 orang, Gelombang kedua diikuti oleh 268 orang, Gelombang ketiga diikuti oleh 268 ornag, dan gelombang ke empat diikuti oleh 264 orang. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan untuk menyesuaikan sarana prasaran yang tersedia di Pusdikajen.

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dari pada amanat UU Nomor 5 tentang Aparatur Sipil Negara yang menyatakan bahwa Sekretaris Daerah melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat wajib melaksanakan pembinaan kepegawaian untuk terwujudnya aparatur pemerintah yang berkualitas  dalam arti memiliki kualitas moral yang bersih, transparan, profesional, dan akuntabel. Hal tersebut disampaikan pula oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Acara Pembukaan Orientasi CPNS tersebut. Selain itu Beliau pun menyampaikan bahwa harapan besar dari pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada para peserta Orientasi CPNS bisa menjadi pegawai yang bermoral tinggi, “..mudah-mudahan setelah mendapat pembinaan kepegawaian seperti pelaksanaan orientasi ini,  ke depan saudara-saudara  akan menjadi pns yang, profesional, sejahtera dan akuntabel,  bersikap dan berperilaku jujur, bersih dan disiplin serta bermoral tinggi,” ujarnya.  

 

Kegiatan Orientasi CPNS 2019 dilaksanakan berkerjasama dengan Pusdikajen TNI Angakatan Darat dengan harapan para peserta dibekali hal yang bisa membuat para CPNS Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki integritas dalam melaksanakan tugas, “tata kelola pemerintah yang baik dapat dicirikan oleh tingkat integritas diri yang tinggi dan profesionalisme  dari pimpinan dan bawahan dalam jajaran birokrasi. esensi integritas adalah  kejujuran, keikhlasan kebersihan jiwa, konsistensi atau satu kata antara ucapan dan perbuatan. Pada akhirnya birokrasi pemerintahan yang bersih dan baik akan menghasilkan tingkat kepuasan masyarakat  atas layanan publik  baik.” Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkata.

 

Kegiatan Orientasi CPNS ini berjalan dengan lancar metode yang digunakan pada Orientasi tersebut berbau militeristik artinya ada ketegasan dalam kegiatan tersebut, ketegasan untuk memebntuk karakter, mental dan memperkuat semangat juang untuk cinta terhadap tanah air. Jenis kegiatan yang dilakukan para peserta terjadwal dengan baik mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Semuanya terstruktur dan hasil perhitungan para pelatih dari Pusdikajen.

 

Dan pada tanggal 30 April 2019 dilaksanakan upacara penutupan, yang ditutp langung oleh Komandan Pusdikajen Kolonel CAJ Anang Tjahyono, SE., MM. Dalam pentupan tersebut beliau menitipkan kepada para peserta Orientasi CPNS untuk bisa mengaplikasikan bekal yang diberikan oleh pusdikajen ditempat kerja masing-masing.