HALAL BI HALAL BKD PROVINSI JAWA BARAT

    Dibaca 160 kali

Halal bi halal adalah kegaiatan silaturahmi yang kerap kali dilakukan oleh bangsa Indonesia setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri, hal tersebut mungkin sudah bisa dikatogerikan sebagai budaya bangsa Indonesia, dimana untuk merayakan hari Raya Idulk fitri selalu dirangkaikan dengan halal bil halal. Meskipun nama kegiatan tersebut menggunakan basaha Arab namun di negeri Arabnya sendiri tidak akan didapati kegiatan seperti itu. Karena halal bi halal memang suatu kegiatan murni yang diciptakan oleh bangsa Indonesia yang sekarang sudah menjadi budaya.

 

KH Abdul Wahab Chasbullah, itulah seorang manusia Indonesia sang pemiliki gagasan halal bi halal. Pada tahun 1948, yaitu dipertengahan bulan Ramadhan, Bung Karno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara, untuk dimintai pendapat dan sarannya untuk mengatasi situasi politik Indonesia yang tidak sehat, dimana pada saat itu bangsa Indonesia terancam disintegrasi bangsa. Situasi pada saat itu para elit politik Bangsa Indonesia saling bertengkar berebut tempat dan kekuasaan serta pemberontakan terjadi dimana-mana. Kemudian Kiai Wahab memberi saran kepada Bung Karno untuk menyelenggarakan Silaturrahim, sebab sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri, dimana seluruh umat Islam disunahkan bersilaturrahmi.

 

Namun pada saat Bung Karno menginginkan kesuatu yang spektakuler, beliau menganggap silaturahmi hanyalah hal yang biasa. Akhirnya KH Wahab Chasubullah menyarankan adanya halal bi halal,dengan filosofi bahwa bertengkar itu dosa dalam Islam dosa itu haram dan harus segera di halalkan dengan bersilaturahmi. Begitupun harapan BKD Provinsi Jawa Barat, dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa menjadi pengikat Rasa Kesatuan diantara satu dengan yang lainnya.

 

Kegiatan halal bi halal ini diselenggarakan pada hari rabu tanggal 12 Juni 2019 yang bertempat di Kantor BKD Provinsi Jawa Barat, Jalan ternate Nomor 2 Bandung. Para undangan yang hadir pada  acara tersebut adalah seluruh karyawan BKD Provinsi Jawa Barat, alumni BKD Provinsi Jawa Barat, Kepala BKD Kabupaten/Kota se-Jawa Barat,Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, dan pada saaat tersebut pula dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat.

 

Pada kesempatan itu ada beberapa pesan yang diampaikan oleh Kepala BKD Provinsi Jawa Barat “kegiatan ini diharapkan menjadi ajang silaturhami dan juga untuk mengingatkan kita kembali kepada ‘tuturus’..” ujarnya. Dan dalam kesempatan itu pula beliau menyampaikan bahwa peran BKD sangat penting dalam menyongsong pembangunan Jawa Barat kedepan “(sekiranya) ada dua target BKD dalam periode pemerintahan sekarang, yaitu menciptakan ASN yang profesional dan ASN yang mampu dan berkualitas dalam mendukung pembangunan, permasalahan sumberdaya manusia kedepan akan semakin berat karena kita menghadapi masa transisi untuk menuju masa milenia dimana didalamnya terjadi gelombang revolusi Industri 4.0 bahkan 5.0 yang harus kita antispasi bersama,” tandasnya.