RAPAT KOORDINASI KEPEGAWAIAN 2019

    Dibaca 1047 kali

Jawa Barat kini memasuki era baru dimana pembangunan dilakukan secara masif dan merata, hal tersebut sesuai dengan Visi dari pada Jawa Barat yaitu Jawa Barat Juara Lahir Bathin dengan Inovasi dan Kolaborasi. Hal tersebut berlaku juga dalam pembangunan sumber daya manusia, kini Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui BKD Provinsi Jawa Barat selalu melakukan upaya inovasi serta berkolaborasi dengan pemeirntah Kabupaten/kota.

Hal tersebut terimplementasikan melalui Rapat Koordinasi Kepegawaian 2019, yang dilakukan di Cirebon pada tanggal 11 samapi dengan 12 Juli 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BKD Kabupaten/kota se-Jawa Barat dan perwakilan perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tidak hanya kegiatan rapat biasa namun didalamnya ada pembahasan rancangan Perjanjian kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah di Lingkup Jawa Barat terkait penerapan Sistem Merit.

Isu yang menjadi pokok bahasan pada Rapat Koordinasi Kepegawaian 2019 adalah terkait pelaksanaan Sistem Merit sebagai dasar pengembangan karir untuk ASN.  Setidaknya ada tiga hal yang menjadi pokok dasar Sistem Merit yaitu Klasifikasi, Kompetensi, dan Kinerja. Hal tersebut merupakan salah satu pondasi untuk melindungi karir para ASN dari pada serangan diskriminasi serta kesewenang-wenangan dari ekses politik praktis. Pada Rapat Koordinasi kepegawaian tahun ini. Pembahasan fokus terhadap penerapan Sistem Merit yang dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai dasar pengembangan karir ASN Jabar Juara.

Kegiatan rakor kali ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Bapak Iwa Karniwa. Pada kesempatan tersebut beliau memaparkan beberapa hal yang menjadi isu aktual di dunia birokrasi, dimana hal tersebut harus ditindak lanjuti dengan cepat untuk mewujudkan Jawa Barat yang Juara Lahir Bathin. Selain hal tersebut iwa berpesan dengan kegiatan rakor ini menjadi ajang perekat serta silaturahmi diantara para pengelola Kepegawaian se-Jawa Barat “saya sangat berharap, dari bahasan materi yang akan disajikan nanti dapat diikuti dengan seksama dan sebaik mungkin, sehingga dapat membantu kita mencari solusi pemecahan permasalahan di bidang kepegawaian yang ada perihal penerapan sistem merit yang kedepannya mengarah kepada pola karir regional jawa barat dan yang paling penting tumbuhnya sinergitas kearah yang lebih baik diantara kita dan tetap terjaga hubungan dengan baik.” ujarnya.