PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS SERTA UJIAN DINAS DAN UJIAN PENYESUAIAN KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI S

    Dibaca 198 kali CPNS PNS Indonesia Jawa Barat BKD jabarjuara jabarjuaralahirbatin

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat yang bekerjasa samsa dengan Institut Teknologi Bandung mempunyai kewenangan di bidang pembinaan kepegawaian sehingga berupaya dalam merubah pola pikir (Mindset) dalam kerangka Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan tata Pemerintahan yang baik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Terlebih setelah disahkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Paradigma baru dalam melakukan reformasi birokrasi pemerintahan melalui Reinventing Goverment menekankan ke arah pelayanan yang dikendalikan oleh kebutuhan publik. Sehingga kepuasan publik menjadi titik perhatian penting bagi kelangsungan pemerintah, baik pusat maupun daerah.

 

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan Pembukaan Bimbingan Teknis serta Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Pegawa Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat Periode April 2020 yang dilaksanakan  selama 3 hari pada tanggal 7-9 Oktober 2019 mulai pukul 08.00 s/d selesai. Bertempat di UPT PMO ITB-Sabuga. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BKD Provinsi Jawa Barat, Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi BKD Provinsi Jawa Barat, Para Pejabat dan Dosen di Lingkungan ITB dan para peserta Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat.

 

Pokok pembahasan pada kegiatan ini adalah sebagai alat mengukur kopetensi Pegawai Negeri Sipil yang akan naik Golongan dan juga merupakan salah satu syarat untuk Kenakan Pangkat yang diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Provinsi Jawa Baratdan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kabupaten/Kota yang belum siap menyelenggarakan ujian dinas dan ujian penyesuaian kenaikan pangkat yaitu Kota Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Banjar dan Kota Cirebon. Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat ini diikuti oleh 150 Orang PNS terdiri dari :

  • Ujian Dinas Tingkat I : 48 Orang
  • Ujian Dinas Tingkat II : 10 Orang
  • UPKP S-2 : 2 Orang
  • UPKP S-1 : 45 Orang
  • UPKP D.III : 4 Orang
  • UPKP SMA : 27 Orang
  • UPKP SMP : 14 Orang

 

Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat periode April 2020 dilaksanakan beberapa tahap mulai dari Bimbingan Teknis, Wawancara bagi peserta Ujian Dinas Tingkat II, Peserta UPKP tingkat S1 dan S2, tahap kedua pelaksanaan ujian dengan sistem CAT. Adapun materi Ujian Mencangkup :

  1. Aspek Keterampilan (Skills) pegawai. Mencangkup Materi :
  • Personal Skills;
  • Thinking Skills;
  • Social Skills;
  • Academic Skills;
  • Vicational Skills.
  1. Aspek kemampuan bahasa inggris yang terdiri dari pemahaman terhadap bacaan (Reading Comprehension) dan tata bahasa tulis dan lisan (Structure and written expression). Aspek bahasa inggris diperuntukan bagi PNS yang mengikuti Ujian Dinas TK II dan Ujian Penyesuaian kenaikan pangkat Tingkat S-1, S-2 dan S-3.
  2. Pendekatan Ujian : Menggunakan pengukuran kompetensi melalui ujian berbasis Komputer Assestid Test (CAT) tentang aspek pengetahuan, apresiasi dan tindakan.
  3. Bobot materi ujian untuk Ujian Dinas Tingkat I & Ujian Dinas Tingkat II difokuskan pada aspek keterampilan sosial dan keterampilan vokasional sedangkan untuk Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat difokuskan pada keterampilan berfikir dan keterampilan akademik.
  4. Jenis Soal : Multiple Choice (lima pilihan jawaban); kelima pilihan tersebut memiliki bobot yang bervariasi, tergantung tingkat kesesuaian dan ketetapan dengan kehendak soal; bobot setiap pilihan jawaban merentang dari angka 1-5. Jawaban yang dikehendaki adalah pilihan yang memiliki bobot angka 5, sedangkan jawaban bahasa inggris jika benar dinilai 1 dan salah 0.
  5. Jumlah soal untuk masing-masing kelompok peserta ujian sebanyak 70 butir soal yang harus dijawab selama 120 menit. Kecuali untuk peserta Ujian Dinas Tk.II dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tingkat S-1 dan S-2 disisipkan dengan materi kemampuan bahasa inggris sebanyak 15 butir soal.

 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Yaitu Bapak IR. Yerry Yanuar, MM  pada kesempatan tersebut beliau memaparkan bahwa kenaikan pangkat adalah penghargaan pemerintah yang diberikan kepada PNS atas prestasi kerja & pengabdiannya. Agar kenaikan pangkat dapat dirsakan sebagai penghargaan, maka kenaikan pangkat seyogyanya diberikan secara adil dengan mekanisme yang berdasakan asas kompetensi dan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Diharapkan penyelenggaraan ujian ini bukanlah Formalitas dan merupakan bentuk perjuangan peserta sebagai PNS, oleh karena itu dimohon agar peserta dapat mengikuti tata tertib ujian dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan menjunjung tinggi nilai kejujuran, percaya kepada kemampuan diri sendiri, karena pegawai yang baik bukan saja ditentukan oleh tingkat kecerdasannya, tetapi juga oleh nilai-nilai kepribadian seperti kejujuran. Sehingga adapun hasilnya dapat berguna bagi diri pribadi terlebih lagi bagi Daerah/Tempat Bekerja. Dan pembiayaan pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat dibebankan kepada APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019