Berita

PEMBEKALAN BASIC LIFE SUPPORT BAGI PNSD PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2012

    Dibaca 6652 kali

 

Pada tanggal 9 Mei s/d 10 Mei 2012, Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawian Daerah Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan Pembekalan Basic Life Support bagi PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bertempat di Poster’s Hotel Jl. PHH. Mustopa No.33/35 Bandung.

Dalam laporan pelaksanaan Pembekalan Basic Life Support angkatan pertama, Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawian Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, selaku penyelenggara, menjelaskan bahwa tujuan dari Pembekalan Basic Life Support bagi PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat, adalah :

  1. Memberikan bekal wawasan, kemampuan, sikap dan keterampilan dalam bidang kesehatan, khususnya pelayanan kesehatan yang bersifat darurat yang dialami oleh PNSD;
  2. Memberikan motivasi, pencerahan dan kesiapan mental dalam melayani pasien gawat darurat yang dialami oleh PNSD.

Selanjutnya H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, mengemukakan bahwa Pembekalan Basic Life Support angkatan pertama diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) orang PNSD dari Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat. Adapun untuk nara sumber Pembekalan Basic Life Support adalah dari Perhimpunan Kedokteran Gawat Darurat Indonesia Wilayah Jawa Barat.

Materi yang diberikan dalam Pembekalan Basic Life Support terdiri dari :

  1. Prinsip penanganan pasien gawat darurat;
  2. Maalah jalan nafas, pernapasan dan penangananannya;
  3. Masalah sirkulasi dan penanganannya;
  4. Resusitasi jantung paru;
  5. Kewasadaan universal;
  6. Prinsip penanganan trauma;
  7. Evakuasi transportasi pasien;
  8. SPGDT dan safe community.

Pembekalan Basic Life Support angkatan pertama bagi PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat di buka secara resmi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si. Dalam sambutannya,  Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, menjelaskan bahwa sehat manusia dibangun oleh empat dimensi yakni jasmani, mental, sosial dan rohani. Dengan demikian masalah kesehatan adalah sesuatu yang komplek, sebab semua dimensi saling berkorelasi. Pemikiran dasar inilah yang membentuk konsep layanan kesehatan total atau kesehatan seutuhnya bagi PNSD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, menjelaskan pelayanan kesehatan kepada PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pada prinsipnya mengutamakan pelayanan kesehatan promotif dan preventif. Pelayanan promotif adalah upaya meningkatkan kesehatan PNSD ke arah yang lebih baik, dan pelayanan preventif mencegah agar PNSD tidak jatuh sakit atau terhindar dari penyakit. Sebagaimana dimaklumi, bahwa sering terjadi PNSD dalam bekerja mengalami serangan penyakit yang mendadak di tempat kerja dan memerlukan pertolongan pertama, dilain pihak masing jarang PNSD yang bisa memberikan penanganan darurat ini. Untuk itu, salah satu upaya untuk memberikan keterampilan dasar para PNSD dalam penanganan gawat darurat, maka Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat memandang perlu melaksanakan pembekalan Basic Life Support.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, berharap setelah para peserta mengikuti pembekalan Basic Life Support, keterampilan yang dimiliki dapat diaplikasikan dalam lingkungan kerja masing-masing dan dapat membantu masyarakat umum kalau terjadi kecelakaan gawat darurat.