KEGIATAN SATU ATAP PENETAPAN KENAIKAN PANGKAT GOLONGAN IV

    Dibaca 224 kali

Kamis, 25 Februari 2021 bertempat di Green Forest lembang, BKD Provinsi Jawa Barat melalui Subbid Kepangkatan melaksanakan kegiatan Satu Atap Penetapatan kenaikan pangkat golongan IV kabupaten/kota wilayah ex. BKPP Garut dan ex. BKPP Bandung Raya untuk periode bulan April. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya akselerasi dari BKD Provinsi Jawa Barat yang bekerja sama dengan BKD Kanreg III dimana verifikasi dan validasi data dilakukan secara bersamaan.

 

Selama ini yang menjadi permasalahan dalam masalah kenaikan pangkat adalah koordinasi antara kewenangan BKD Provinsi Jawa Barat dengan Kewenangan BKN Kanreg III dalam pengusulan kenaikan pangkat ini. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan spoil tersebut bisa diminimalisir bahkan dihilangka, selain itu kegiatan ini juga merupakan wujud dari komitmen dari BKD Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan pelayanan yang cepat, tepat, serta aman kepada seluruh insan ASN yang menerima manfaat pelayanan dari BKD Provinsi Jawa Barat.

 

Subbid Pangkat Bidang Mutasi dan Promosi BKD Provinsi Jawa Barat saat ini diisi oleh pejabat yang baru dilantik per tanggal 19 Februari 2021. Pada saat yang bersamaan juga Ibu Karina Intan sebagai Pejabat yang baru menghembuskan kesegaran harapan serta membawa semangat perubahan yang akan dilaksanakan di subbid pangkat BKD Provinsi Jawa Barat “Dalam tiga hari menjabat ini, saya sudah mencoba untuk mengidentifikasi beberapa permasalahan. Permasalahan yang sudah dapat saya simpulkan (sementara ini) adalah mengumpulan data, ada beberapa OPD yang jumlah pegawai nya besar dan banyak dan tersebar memang agak kesulitan untuk melengkapi sesuai dengan (batas) waktunya, nah kedepannya kita sudah menyusun suatu system yang disebut dengan e-pangkat dan aplikasi itu akan di terapkan untuk kenaikan pangkat periode April tahun 2021.” tuturnya.

 

Jika kita melihat Peraturan Pemerinath Nomor 99 tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil pada pasal satu megatakan bahwa Kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap negara. JIka kita merujuk kepada Undang-Undang tersebut bahwa sudah sepatutnya negara memberikan penghargaan kenaikan pangkat tanpa ada pengusulan sebelumnya, tentu penghargaan tersebut harus diberikan kepada yang layak dan berhak atas penghargaan tersebut.