Berita

SELEKSI CALON PESERTA FASILITASI PENINGKATAN MENTAL SPIRITUAL PNSD PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT TA

    Dibaca 19249 kali

SELEKSI CALON PESERTA FASILITASI PENINGKATAN MENTAL SPIRITUAL PNSD PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2012

Oleh H. Ateng Kusnandar Adisaputra (Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat)

Pada tanggal 28-29 Juni 2012, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, telah melaksanakan Seleksi calon peserta fasilitasi peningkatan mental spiritual PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2012.

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, selaku Ketua Penyelenggaran menjelaskan bahwa tujuan dari Seleksi calon peserta fasilitasi peningkatan mental spiritual PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2012 adalah :

  1. untuk meningkatkan spiritualitas kerja aparatur dalam mendalami makna luhur kerja;
  2. untuk meningkatkan dan menyempurnakan pengamalan syariat islam bagi pnsd di lingkungan pemerintah provinsi jawa barat.
  3. meningkatkan semangat pengabdian dan ketulusan hati pnsd dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara, masyarakat sekaligus sebagai abdi tuhan-nya.

Selanjutnya H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, mengatakan Seleksi calon peserta fasilitasi peningkatan mental spiritual PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2012, diikuti oleh 150 (seratus lima puluh) orang PNSD dari Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat. Adapun untuk  materi Seleksi calon peserta fasilitasi peningkatan mental spiritual PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2012, terdiri dari : seleksi administrasi, tes tertulis, tes wawancara, tes assesment, dan tes kesehatan. Sedangkan Tim untuk melaksanakan Seleksi calon peserta fasilitasi peningkatan mental spiritual PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2012, terdiri dari : unsur Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Barat, unsur Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, dan unsur Kantor Kementrian Agama Kota Bandung.

Laporan lainnya H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, mengemukakan bagi peserta yang dinyatakan lulus Seleksi calon peserta fasilitasi peningkatan mental spiritual PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2012, akan diberangkatkan ibadah Haji pada Tahun 2013.

 Seleksi calon peserta fasilitasi peningkatan mental spiritual PNSD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2012, secara resmi di buka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si.

Dalam sambutannya  Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan penanaman nilai-nilai spiritualitas kepada PNSD agar potensi rohani dan spiritual PNSD dapat tergali secara lebih maksimal, sehingga diharapkan terjadi  keseimbangan dan kesiapan mental aparatur dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan publik.  Selain itu juga Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si berharap manfaat yang diharapkan melalui kegiatan ini adalah bahwa para aparatur pelayan publik akan muncul sebagai sosok yang familier dan bersahabat dengan lebih mengedepankan hati dan akal sehatnya, dan juga memperkuat spiritualitas kerja, meningkatkan kinerja, mendalami makna luhur kerja, meningkatkan motivasi kerja, meningkatkan kecintaan pada kerja, serta bagaimana membangun budaya unggul melalui kerja. 

Selanjutnya Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, menegaskan bahwa kesempatan menunaikan ibadah haji, bukanlah hanya semata-mata ditentukan oleh kemampuan materi atau memiliki waktu luang saja, tetapi kita meyakini bahwa kesempatan melakukan ibadah haji merupakan hidayah, ridha dan amanah dari Allah SWT dan tentunya harus dibarengi dengan kesiapan mental spiritual.   Selanjutnya beliau berpesan, para peserta yang belum lolos seleksi tahun ini jangan berkecil hati, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi pada tahun-tahun yang akan datang dan semoga diberikan kelancaran, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji ke baitullah.