Berita

PEMBEKALAN KEWIRAUSAHAAN PNS PRA PURNABHAKTI PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT ANGKATAN III REGULER TA

    Dibaca 18736 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh : H. Ateng Kusnandar Adisaputra
(Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin, BKD Provinsi Jawa Barat)

      Pembekalan Kewirausahaan PNS Pra Purnabhakti Pemerintah Provinsi Jawa Barat Angkatan III Reguler Tahun 2012, telah dilaksanakan oleh Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat dari tanggal 11-13 Juli 2012, bertempat di Hotel The Radiant Villa’S Jl. Bukanagara No. 2 Lembang Kabupaten Bandung Barat.

      Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, selaku ketua penyelengara melaporkan hal-hal sebagai berikut :

1. Tujuan dari Pembekalan Kewirausahaan adalah :

    a.  memberikan motivasi, pencerahan dan kesiapan mental spiritual memasuki masa purnabakti.

    b.  memberikan bekal kemampuan, sikap dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan menuju kemandirian finansial dimasa purnabhakti yang lebih sehat dan produktif.

2. Peserta Pembekalan Kewirausahaan Angkatan III Reguler Tahun 2012 diikuti oleh 50 (lima puluh) orang PNS yang akan memasuki purnabhkati dari Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat;

3. Materi yang disampaikan pada Pembekalan Kewirausahaan meliputi : penguatan mental dan pemotivasian, pengenalan teknik kewirausahaan di bidang : pertanian, peternakan, perikanan, pengolahan pangan, jasa, dan sumber-sumber permodalan yang dapat dimanfaatkan dalam merintis usaha.

4. Adapun untuk Nara Sumber Pembekalan Kewirausahaan ini adalah dari :

   a. Universitas Padjadjaran yakni Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Ilmu Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan;

   b. Universitas Islam Sunan Gunung Djati;

   c. Bank Syariah Mandiri;

   d. Serta praktisi kewirausahaan.

5. Metode pembelajaran dilakukan dengan pendekatan andragogi participatory (pendidikan orang dewasa) dengan filosofi learning by doing (belajar sambil mengerjakan). peserta selain memperoleh materi di kelas juga dilaksanakan field trip ke sejumlah lokasi usaha yang dinggap berhasil yakni : home industri pengolahan hasil pertanian di mekarsari Subang, usaha pembesaran ikan sistem air deras yang dikelola oleh PNSD purnabakti di Cijambe Subang.

 

      Pembekalan Kewirausahaan PNS Pra Purnabhakti Pemerintah Provinsi Jawa Barat Angkatan III Reguler Tahun 2012, di buka secara resmi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si.

Dalam sambutannya  Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, menekankan hal-hal sebagai berikut :

    1.  Selain masalah finansial masa purnabakti sering kali menimbulkan masalah psikologis bagi yang menjalaninya, karena purnabakti menyangkut perubahan peran, nilai dan pola hidup seorang PNS.  Untuk itu perlu bagi PNS pra purnabhakti dipersiapkan baik secara mental maupun finansial;

    2.  Menurut para ahli psikologi, dalam diri kita tersimpan berbagai potensi yang luar biasa, termasuk kemampuan berwirausaha. seiring dengan itu, saya ingin mendorong bapak/ibu  mengembangkan jiwa entrepreneurship atau berwirausaha. Purnabakti adalah masa dimana kita hidup lebih merdeka, ini adalah peluang emas dimana kita lebih bebas menentukan dalam  mengisi hidup  ini.  Berwirausaha tidaklah berbeda dari aktivitas bekerja seperti yang kita lakukan selama ini. Makna wira berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung, sedangkan usaha adalah perbuatan amal, bekerja, dan berbuat sesuatu. Jadi wirausahawan adalah para pejuang yang berbuat sesuatu. ini berarti bapak/ibu sebetulnya hanya memindahkan medan perjuangan melayani masyarakat yang sehari-hari di kantor dipindah ke masyarakat luas.

    3.  Berwirausaha juga berarti memanfaatan kemampuan unik kita untuk memberi arti bagi orang lain dan lingkungan, sekaligus mendatangkan hasil berupa materi, penghargaan, kepuasan dan kebahagiaan bagi diri sendiri. Kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. faktor-faktor tersebut membentuk kreativitas, inovasi, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausahaan yang besar. Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti ‘’locus of control’’, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang memengaruhi diantaranya peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembang menjadi kewirausahaan melalui proses yang dipengaruhi lingkungan,organisasi, dan keluarga.

    4.  Insya Allah agar Bapak/Ibu bisa sukses berwirausaha harus dimiliki sikap mental wirausahawan. Menurut Geoffrey G. Meredith dalam bukunya “kewirausahaan”, ciri-ciri profil wirausaha adalah :

  • percaya diri namun bukan takabur
  • berorientasikan tugas dan hasil namun tidak melupakan proses
  • pengambil resiko namun bukan nekad
  • kepemimpinanyang tegas namun bukan otoriter
  • memiliki ide orisinil dan
  • berorientasi ke masa depan.