Berita

PAGELARAN KESENIAN “LINGKUNG SENI GENTRA PAKUAN” BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

    Dibaca 32415 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    Pada hari minggu tanggal 9 Desember 2012, “Lingkung Seni Gentra Pakuan” Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, telah menyelenggarakan pagelaran kesenian, bertempat di Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. 
    Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, selaku Ketua “Lingkung Seni Gentra Pakuan” Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, menjelaskan tujuan pementasan pagelaran kesenian di Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta adalah untuk memberikan motivasi kepada PNSD dan masyarakat Provinsi Jawa Barat, khususnya yang menyaksikan dan hadir di Anjungan Jawa Barat, selain itu juga untuk mengembangkan dan menjaga seni budaya daerah yang bernilai luhur, agar terus berkembang, lestari, tahan terhadap terpaan globalisasi, juga sebagai warisan bagi generasi kita selanjutnya.
    Selanjutnya H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, menjelaskan materi pergelaran kesenian meliputi seni sunda tradisional dan kontemporer, yakni : tari badaya, tari merak, tari ponggawa, tari topeng, tari gaplek, tari seunggah, rampak kendang, tari ronggeng nyentrik, tari ringkang mojang, tari kembang tanjung, dan tari ronggeng balebat.
    Selain itu juga H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM mengatakan gelar  aksi seni  tradisional Jawa Barat 2012 selain untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisional Jawa Barat, agar dicintai oleh masyarakat Jawa Barat, juga untuk menjalin silaturahim diantara kita. untuk itu pentas seni kali ini mengusung thema “seni ngajadi silaturahmi budaya ngajadi baraya” yang berarti dengan seni dan budaya kita berharap terjalin “ukhuwah” di antara kita. pomeo mengatakan : dengan agama hidup jadi terarah, dengan seni hidup menjadi indah, seni yang akan dipentaskan Insya Alloh memiliki pesan moral dan spiritual yang positif.
    Pada pagelaran kesenian, “Lingkung Seni Gentra Pakuan” di Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, dalam sambutannya mengatakan kesadaran untuk terus menerus mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah pada hakikatnya bukan hanya tanggung jawab satu pihak, melainkan tanggung jawab bersama, baik seniman, budayawan, masyarakat maupun pemerintah, selain itu juga sebagai wujud penghargaan dan kecintaan terhadap budaya warisan leluhur, juga ajang untuk membangkitkan kembali khasanah budaya daerah Jawa Barat di tengah gempuran budaya dari luar yang kadang tidak sesuai dengan budaya orang Jawa Barat.
    Selanjutnya Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, berharap seniman, budayawan, cendikiawan, usahawan dan masyarakat, untuk pro aktif dalam memprakarsai dan menyokong upaya-upaya pengembangan seni dan budaya Jawa Barat, melalui berbagai kegiatan, diantaranya : peningkatan frekwensi pentas seni dan budaya daerah khususnya budaya Jawa Barat, mengemas seni budaya dalam dalam karya seni yang kreatif dan menarik, dan pengenalan seni dan budaya kepada masyarakat yang diperluas.