Berita

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Administrasi Kepegawaian Angkatan I

    Dibaca 16582 kali

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Administrasi Kepegawaian Angkatan I yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 Maret 2013 di Hotel Karang Setra Jalan Bungur 2 Bandung.

Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada penetapan agenda reformasi birokrasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2008-2013 berdasarkan misi yang kelima yaitu meningkatkan efektifitas Pemerintah Daerah dan kualitas demokrasi dimana salah satu sasaran reformasi birokrasi termaksud adalah reformasi sumberdaya aparatur yang diarahkan untuk mewujudkan aparatur yang profesional dan akuntabel.

Salah satu program percepatan reformasi birokrasi adalah profesionalisasi PNS yang mana dalam rangka profesionalisasi PNS ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan kegiatan pengembangan dan peningkatan jabatan fungsional dengan dilaksanakannya bimbingan teknis jabatan fungsional umum khusus pengelola administrasi kepegawaian.

Dasar hukum pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Administrasi Kepegawaian adalah Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah (Pasal 3,4,5,dan 6). Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2011 tentang Pedoman Jabatan Fungsional Umum.

Tujuan makro dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan dalam melaksanakan tugas bidang kepegawaian. Maksud pelaksanaan kegiatan ini adalah melatih pejabat fungsional umum pengelola administrasi kepegawaian untuk terampil dalam menjalankan manajemen kepegawaian daerah dan tugas teknis kepegawaian.

Peserta Bimbingan Teknis Jabatan Fungsional Umum Pengelola Administrasi Kepegawaian terdiri dari 75 orang pegawai yang menduduki jabatan fungsional umum pengelola administrasi kepegawaian dari OPD yang terdiri dari Dinas (44 orang), Badan/Satpol/Inspektorat (15 Orang), Biro (5 Orang), RSUD (2 Orang), Rumah Sakit Jiwa dan Rumah Sakit Paru (6 Orang), Setwan (1 orang) dan Lemtek (2 orang) dimana biaya penyelenggaraan kegiatan ini bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat khususnya pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Jabatan Fungsional Umum Tahun Anggaran 2013.

Tema Bimbingan Teknis ini adalah “Bimbingan Teknis Jabatan Fungsional  Umum Pengelola Administrasi Kepegawaian”  dimana materi bimbingan teknis yang telah disampaikan adalah lingkup manajemen kepegawaian. Narasumber dari Kantor Regional III BKN menyampaikan materi tentang : Kebijakan Pemerintah di Bidang Kepegawaian, Perencanaan dan Pengadaan PNS, Kenaikan Pangkat, Pensiun dan Pemberhentian PNS, Teknis Pengukuran Kinerja PNS, Hak-hak PNS (Gaji, Cuti, Memperoleh Perawatan, Tunjangan Cacat, Uang Duka/Pemakaman).

Sedangkan narasumber dari BKD Provinsi Jawa Barat menyampaikan tentang Pengembangan Pegawai (Pengangkatan dalam Jabatan, Pendidikan dan Pelatihan) disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Karir, Teknik Pengukuran Kinerja PNS Provinsi Jawa Barat  disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Pengembangan Karir. Pengembangan Jabatan Fungsional Angka Kredit disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Penempatan Dalam Jabatan. Kebijakan Kesejahteraan PNS Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemberian Penghargaan disampaikan oleh Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin. Disiplin PNS dan Sengketa Kepegawaian disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Disiplin. Penjelasan tentang Pengembangan Jabatan Fungsional Umum disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Perpindahan dan Administrasi Kepegawaian di akhir rangkaian materi Bimbingan Teknis ini.

Foto-foto Kegiatan