Home » Informasi » Berita

PEMBEKALAN KEWIRAUSAHAAN PNS PRA PURNABHAKTI ANGKATAN I TAHUN 2012 PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

12 Maret 201216Penulis : Kepala Bidang Kesdis

Penyampaian Materi Oleh Kabid Kesdis (kiri) disaksikan oleh Kepala BKD Prov Jabar (tengah) yang didampingi oleh Kasubag Kesejahteraan Pegawai (kanan).

Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 6-8 Maret 2012, bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor Kabupaten Sumedang, telah melaksanakan pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012.

Pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 diikuti oleh 50 (lima puluh) PNS dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat yang pada tahun 2012 ini akan memasuki masa pensiun atau purnabhakti.

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, selaku Panitia penyelenggaran menjelaskan bahwa pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 34 Tahun 2010 tentang Kesejahteraan Pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya  H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM menjelaskan dari 368 (tiga ratus enam puluh delapan) PNSD yang mengajukan permohonan untuk mengikuti pembekalan kewirausahaan, setelah melalui seleksi administrasi dan proposal, maka 220 (dua ratus dua puluh) PNSD dipanggil untuk mengikuti assessment, berdasarkan hasil assessment akhirnya 200 (dua ratus) PNSD dinyatakan lulus untuk mengikuti pembekalan kewirausahaan yang akan terbagi ke dalam 4 (empat) angkatan.

Dalam laporannya, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, menjelaskan tujuan dari pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 adalah :

  1. Memberikan motivasi, pencerahan dan kesiapan mental memasuki masa purnabhakti;
  2. Memberikan bekal kemampuan, sikap dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan menuju kemandirian finansial dimasa purnabhakti yang lebih sehat dan produktif;
  3. Berkembangnya bakat dan minat PNSD dalam meraih kemadirian sosial ekonomi dimasa purnabhakti;
  4. Terbentuknya rencana kewirausahaan PNSD untuk mengisi masa purnabhakti.

Selanjutnya H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, melaporkan materi yang diberikan  pada pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 adalah :

  1. penguatan mental dan pemotivasian;
  2. manajemen stress;
  3. pengenalan teknik kewirausahaan di bidang pertanian;
  4. pengenalan teknik kewirausahaan di bidang peternakan;
  5. pengenalan teknik kewirausahaan di bidang perikanan;
  6. pengenalan kewirausahaan dalam pengolahan pangan;
  7. pengenalan kewirausahaan dalam bidang jasa;
  8. pengenalan keanggotan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI);
  9. sumber-sumber permodalan dalam merintis kewirausahaan.

Adapun para Nara Sumber pada pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 terdiri dari : Prof. Dr. H. Asep S. Muhtadi, MA (Dosen UIN Sunan Gunungjati), Drs. KH. Zaenal Abidin, M.Ag (Dosen UIN Sunan Gunungjati), Prof. Dr. H. Roni Kastaman, M.S (Dosen Faperta UNPAD), Ir, Betty DS,  MS (Dosen Faperta UNPAD), Ir. Marleen, MS (Dosen Faperta UNPAD), Dr. Ir. Iskandar, MS (Dosen Fakultas perikanan UNPAD)  Ir. Hermawan, MS (Dosen Fakultas Peternakan UNPAD), Ir. Nia Kurniawati, MS (Dosen Fakultas Perikanan UNPAD), Dr. Ir. Denie Heriyadi, MS (Dosen Fakultas Peternakan UNPAD), Eri Sobari, S.Pt (Dosen Fakultas Peternakan UNPAD), Drs. Djudju, MM (PWRI), dan dari Bank Saudara.  

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan, purna bhkati adalah dimana kita hidup lebih merdeka, dimana lebih bebas menentukan dalam mengisi hidup. Berwirausaha tidaklah berbeda dari aktivitas bekerja seperti biasa. Berwirausaha juga berarti memanpaatkan kemampuan unik kita untuk member arti bagi orang lain dan lingkungannya, sekaligus mendatangkan hasil, berupa materi, penghargaan, kepuasan dan kebahagiaan bagi diri sendiri.

Selanjutnya  Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, menjelaskan agar Bapak/Ibu bisa sukses berwirausaha hindari 4 jangan yaitu : jangan merasa tidak pantas karena factor usia, jangan beranggapan bahwa berwirausaha kurang prestise dibandingkan menjadi PNS, jangan takut gagal, jangan lupa tetap tawakal. Selain itu Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, mengharapkan kepada semua peserta pembekalan kewirausahaan  untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan bantuan rintisan usaha sebesar Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat dimanpaatkan sebagai modal awal untuk berwirausaha.

Dibaca : 8160 kali | Sumber : Bidang Kesdis BKD Prov Jabar | File : PEMBEKALAN_KEWIRAUSAHAAN.pdf

Share |

Form Komentar Berita


Berita Lainnya
‹ First  < 3 4 5 6 7 >