PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS

    Dibaca 1009 kali jabarjuara

Senin, (08/02/2021) Seluruh pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat, bersama-sama menandatangani Pakta Integritas yang bertujuan untuk mendirikan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Penandatanganan diawali oleh Dr. Ir. H. Yerry Yanuar, MM selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Barat dan Tulus Arifan S.I.P.,M,Si selaku Sekretaris-nya. Setelah itu, penandatanganan dilanjut oleh seluruh Kepala Bidang, Kepala Subbidang dan Kepala Subbagian Serta seluruh Pegawai BKD Jawa Barat.

 

Berbicara soal Pakta Integritas berarti berbicara mengenai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 49 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.  Substansi dari pakta integritas dituangkan ke dalam dokumen pakta integritas. Pada ketentuan Pasal 1 angka 1 Permen PANRB 49/2011, diterangkan bahwa dokumen pakta integritas adalah dokumen yang berisi pernyataan atau janji tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

 

Pakta Integritas yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat selain mendirikan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) juga untuk menumbuhkembangkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar pelaksanaan tugas yang lebih berkualitas, efektif, efisien, akuntabel dan sekaligus mewujudkan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, bertanggung jawab, serta mempunyai martabat yang tinggi sesuai dengan isi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Pancasila.

 

Adanya penandatangan pakta integritas dilingkungan Badan Kepegawaian Derah Provinsi Jawa Barat mempunyai arti bahwa seluruh pegawai dilingkungan BKD Jawa Barat berkomitmen untuk terbebas dari korupsi dan dapat mendirikan wilayah dengan birokrasi bersih dalam melayani masyarakat.Jawa Barat. Sehingga pemerintah dan masyarakat dapat bersinergi dan bersama-sama untuk mewujudkan Provinsi Jawa Barat yang bersih, makmur, sejahtera dan damai.