WEBINAR BEWARA – BKD JAWA BARAT JUARA #VOL.1

    Dibaca 1507 kali

dokumentasi : Humas BKD Jabar 

 

Seiring dengan Prioritas Kerja Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2019-2024, diantaranya yaitu Penyederhanaan Birokrasi, yang bertujuan untuk mempercepat pengambilan keputusan serta mewujudkan birokrasi yang lebih dinamis, agile, profesional, efektif dan efisien dalam pelayanan publik, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menerbitkan PermenpanRB Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional, dilanjutkan dengan PermenpanRB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional, PermenpanRB Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pola Karier Pegawai Negeri Sipil, dan PermenpanRB Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi.

 

Oleh sebab itu, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pengembangan Aparatur, berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Webinar Kepegawaian Series bertajuk “BEWARA – BKD JAWA BARAT JUARA #VOL.1”, pada hari Kamis tanggal 12 Agustus 2021.

 

BEWARA #VOL.1 yang mengangkat tema “Optimalisasi Jabatan Fungsional sebagai Katalisator Reformasi Birokrasi Menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin” ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para ASN khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mengenai jabatan fungsional, mulai dari kedudukan, tanggung jawab, tugas, jenjang jabatan, mekanisme pengangkatan, penilaian kinerja, kenaikan pangkat dan jabatan, sampai dengan pemberhentian. Di samping itu, melalui Webinar BEWARA #VOL.1  ini diharapkan para ASN dapat lebih memahami bagaimana Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil, khususnya bagi Jabatan Fungsional, sebagaimana diatur dalam PermenpanRB Nomor 8 Tahun 2021 sebagai turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

 

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Dr. Ir. H. YERRY YANUAR, M.M. selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah, dijelaskan bahwa BEWARA memiliki dua makna, pertama BEWARA dalam Bahasa Sunda berarti pemberitahuan atau pengumuman sebagai representasi dari esensi kegiatan webinar, dan yang kedua BEWARA merupakan akronim dari BKD JAWA BARAT JUARA. Beliau berharap BEWARA ini diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian informasi yang efektif dalam situasi pandemi dan perpanjangan PPKM, sebagai bagian penting dari strategi optimalisasi penerapan manajemen PNS berdasarkan Sistem Merit dan Manajemen Talenta di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sekaligus untuk mendukung percepatan reformasi birokrasi yang menjadi salah satu indikator kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018-2013.

 

Bertindak selaku pembicara atau narasumber pada kegiatan BEWARA #VOL.1 ini, yaitu:

  1. Direktur Jabatan Aparatur Sipil Negara – BKN, Ibu SRI GANTINI, S.Sos., M.A.P, yang menyampaikan materi tentang pengelolaan jabatan fungsional berdasarkan PermenpanRB Nomor 13 Tahun 2019;
  2. Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian – BKN, Bapak Dr. HERMAN, M.Si., yang menjelaskan tentang Best Practice Penilaian Kinerja Jabatan Fungsional Analis SDM Aparatur dan Pranata SDM Aparatur; dan
  3. Koordinator Manajemen Kinerja SDM Aparatur - Asisten Deputi Manajemen Kinerja dan Kesejahteraan SDM Aparatur KEMENPANRB, Bapak AGUS YUDI WICAKSONO, S.STP., M.PP., yang menerangkan tentang Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil khususnya Jabatan Fungsional berdasarkan PermenpanRB Nomor 8 Tahun 2021.

 

Hadir langsung sebagai keynote speaker sekaligus membuka secara resmi kegiatan BEWARA #VOL.1 ini yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Bapak Dr. Ir. SETIAWAN WANGSAATMAJA, Dipl.S.E., M.Eng. Dalam arahannya, beliau menjelaskan tentang model dan implementasi pola karier sebagai bagian dari reformasi manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, seiring keberhasilan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam capaian penerapan Sistem Merit pada tahun 2020 dengan nilai 375,5 poin.

 

Antusiasme peserta Webinar “BEWARA #VOL.1” yang sangat tinggi terlihat dari jumlah partisipan Zoom Meeting yang mencapai seribu partisipan dan yang menyaksikan melalui streaming YouTube Channel BKD JABARPROV pada H+1 sudah menembus 8.500 penonton. Adapun jumlah peserta yang melakukan registrasi untuk mendapatkan e-certificate pada hari pelaksanaan hingga pukul 16.00 WIB menembus angka 3.100 orang yang berasal dari berbagai jabatan ASN, mulai dari Pejabat Pimpinan Tinggi, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Pelaksana, Pejabat Fungsional, CPNS, dan PPPK, serta mahasiswa, tenaga honorer, dan masyarakat umum. Asal instansi peserta juga beragam, tidak hanya dari Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat tetapi juga dari instansi pusat (Kementerian/Lembaga Non Kementerian), Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. 

 

Melalui penyelenggaraan BEWARA #VOL.1 ini, BKD Provinsi Jawa Barat tetap produktif untuk mendorong terwujudnya ASN Jabar Juara atau SMART ASN sebagai lokomotif perwujudan World Class Bureaucracy, sekaligus dapat mengefisiensi anggaran untuk mendukung prgram penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

 

Materi dan e-certificate BEWARA #VOL.1 dapat diuntuh melalui link : klik disini *)

  

Sampai bertemu kembali di BEWARA #VOL.2