SISTEM MERIT UNTUK NKRI

    Dibaca 558 kali

BKD-Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. H. Yerry Yanuar , M.M. melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara. 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara dengan Nomor 142/HM.03/MP dan Nomor 800/125/430 dilakukan Kepala BKD Jawa Barat  Dr. Ir. H. Yerry Yanuar , M.M. sebagai PIHAK KESATU bersama Kepala BKPSDM Kota Magelang Drs. Isa Ashari, M.M. sebagai PIHAK KEDUA di Graha Aparatur Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, Jl. Ternate No. 2, Bandung, Kamis (20/01/2022). 

Sebelum dilaksanakan Perjanjian Kerja Sama tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara ini terlebih dulu Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Magelang telah menandatangani Kesepakatan Bersama Nomor 92/LB.01.01/Pemotda dan Nomor 130.13/24/111/2021 tanggal 8 Desember 2021 tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik yang mana salah satu ruang lingkup kerja samanya adalah Urusan Penunjang Pemerintahan.

Pembahasan tersebut menyangkut bahwa dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara, penerapan sistem merit diyakini dapat mewujudkan profil Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur yang berintegritas, kompeten, kapabel, berdisiplin tinggi dan sejahtera. Kemudian sebagai tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama dimaksud, PIHAK KEDUA bermaksud melakukan kerja sama dengan PIHAK KESATU terutama dalam hal penerapan sistem merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara. Dalam penerapan sistem merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara, pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi diyakini dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan kerja sama bidang Manajemen Sumber Daya Aparatur ini PIHAK KEDUA juga berminat mengembangkan dan mengimplementasikan beberapa aplikasi Manajemen Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kota Magelang yang telah dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan untuk itu PIHAK KEDUA melakukan kerjasama dengan PIHAK KESATU untuk dapat melakukan transfer of knowledge dalam pengembangan dan pengimplementasian beberapa aplikasi Manajemen Aparatur Sipil Negara tersebut.

Maksud dari kerja sama ini adalah sebagai sarana transfer of knowledge penerapan sistem merit dan pembangunan/pengembangan sistem informasi yang dimiliki oleh PIHAK KESATU guna meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas Manajemen Aparatur Sipil Negara pada Instansi PIHAK KEDUA yang dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Adapun tujuan kerja sama ini adalah terwujudnya Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Instansi PIHAK KEDUA melalui Pendampingan PIHAK KESATU, dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia Aparatur berbasis teknologi informasi, yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas serta sinkronisasi dalam tata kelola pemerintahan.