FGD PENYUSUNAN KEBIJAKAN PEMETAAN PNS DALAM POLA KERJA BARU TEAM OF TEAMS (ToTs)

    Dibaca 594 kali

BKD-Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. H. Yerry Yanuar , M.M. membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kebijakan Pemetaan Pegawai Negeri Sipil Dalam Pola Kerja Baru Team Of Teams (ToTs) di Hotel Grage, Cirebon(26-01-22).

 

Dalam pembukaannya Kepala BKD menjelaskan tentang Transformasi Kelembagaan Organisasi. Menurutnya Transformasi Kelembagaan Organisasi ada 3 yaitu, Organisasi Tradisional berdasarkan Command, Organisasi Agile berdasarkan Command of Teams dan Organisasi Design Centric berdasarkan ToTs (Team of Teams).

 

Benefit-nya adalah :

Untuk Individual : Fairness, Akselerasi capaian target Angka Kredit, Job Enrichment, Optimalisasi Fungsi Jabatan, Pemenuhan JF sebagai Katalisator, Keterukuran Kinerja Individu, Sociality & Emotionality

 

Untuk Organizational : Mekanisme Kerja Baru, Efektivitas Urusan – Kewenangan, Iklim Inovasi dan Transformasi, Responsive Organization, Competitive Zones, Optimalisasi Fungsi Level Jabatan

 

Dalam Tots terdapat Kegiatan Rutinitas dan Improvement

 

Kegiatan Improvement adalah seperti :

Sample Task of TOTs :

  • Akuisisi Talenta (Lintas Bidang)
  • Penilaian Reformasi Birokrasi (Lintas Perangkat Daerah)
  • Akselerasi Kawasan Segitiga Rebana (Lintas Instansi) seperti Asssesment Center

Outcome yang diharapkan dari pertemuan FGD Penyusunan Kebijakan Pemetaan Pegawai dalam Pola Kerja baru Team of Teams ini :

  • Adanya sinergitas dan keselarasan antara kegiatan yg dilakukan bidang dgn dokumen perencanaan dan pelaporan.
  • Pencapaian tujuan organisasi yg dilaksanakan dgn mempertimbangkan pencapaian target, kualitas pekerjaan dengan memperhatikan impact yang diharapkan.
  • Menjadikan learning organization bahwa seluruh pegawai BKD harus mampu memahami dan menyampaikam program strategis BKD Provinsi Jawa Barat.

 

Sebagai pedoman dokumen perencanaan dalam rangka pengusulan program kegiatan setiap tahun yang dijabarkan dari RPJMD, Renstra sampai ke IKU dan IKI.

 

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kebijakan Pemetaan Pegawai Negeri Sipil Dalam Pola Kerja Baru Team Of Teams dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 26 Januari s.d. 28 Januari 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat secara hybrid melalui Zoom Cloud Meeting dan Tatap Muka.

 

Dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kebijakan Pemetaan Pegawai Negeri Sipil Dalam Pola Kerja Baru Team Of Teams ini, pemaparan dilakukan oleh 3 PNS perwakilan per bidang mewakili ex sub bidang, adapun materi yang dipaparkan adalah kegiatan DPA, sub kegiatan DPA, Sifat Pekerjaan dan Project, Target dan Satuan dan Reasoning.

 

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini :

  • Mensosialisasikan pola kerja baru (ToT’s) pasca penyederhanaan birokrasi kepada seluruh PNS di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat.
  • Memaparkan seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang dan Sekretariat baik kegiatan rutinitas ataupun kegiatan yang sifatnya pengembangan pada Tahun 2022
  • Menentukan komposisi pegawai yang tergabung dalam pola kerja baru (ToT’s) untuk melaksanakan kegiatan yang sifatnya pengembangan.
  • Mempersiapkan pelaksanaan Forum OPD sebagai bagian penyusunan rencana kerja Tahun 2023