BKD PROVINSI JAWA BARAT MENDAPATKAN PENILAIAN “SANGAT BAIK” DALAM SURVEY BUDAYA KERJA BERAKHLAK

    Dibaca 204 kali

 

BKD-Selasa, 27 Juli 2021 Presiden Joko Widodo (Presiden RI, 2021) resmi meluncurkan core values baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) ‘BerAKHLAK’ dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”. Latar belakang peluncuran new branding budaya kerja ini didasari pada penerjemahan yang berbeda-beda antar K/L/D/I terhadap nilai-nilai dasar serta kode etik dan kode perilaku ASN. Berbagai nilai-nilai yang ada inilah disatukan dalam 7 (tujuh) nilai dasar yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Lalu, apa yang yang menjadi nilai tambah core values ‘Berakhlak’ saat ini? dijelaskan bahwa BerAKHLAK terdiri atas komponen:

 

Berorientasi Pelayanan – seorang ASN diharapkan mampu memahami dan memenuhi ekspektasi masyarakat dalam memberikan pelayanan publik (ramah, cekatan, solutif, dapat diandalkan dan perbaikan berkelanjutan).

Akuntabel – jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi, dalam melaksanakan tugas secara efektif dan efisien serta tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten – nilai perilaku ASN yang terus meningkatkan kompetensi diri, menjawab tantangan yang selalu dinamis dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis – sikap saling menghargai tanpa memandang latar belakang, suka menolong dan membangun kerja yang kondusif.

Loyal – panduan perilaku yang memegang teguh ideologi Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, setia kepada NKRI, selalu menjaga nama baik negara, instansi, pimpinan, sesama ASN serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif – Perilaku positif dalam hal menyesuaikan diri menghadapi perubahan, kreatif dan inovatif serta bertindak proaktif.

Kolaboratif – Sikap yang selalu memberikan kesempatan kepada pihak lain untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama yang memberikan nilai tambah dan menggerakkan pemanfaatn berbagai sumber daya demi mencapai tujuan bersama.

 

Kementerian PAN dan RB (2021) juga menegaskan kembali amanah Presiden Jokowi dengan lahirnya core values ‘BerAKHLAK’ diharapkan dapat memudahkan adaptasi bagi ASN ketika melakukan mobiltas antar instansi pemerintah (tidak ada lagi ego sektoral, daerah dan ilmu), birokrasi lebih cepat dalam proses pelayanan sesuai dengan employer branding ‘Bangga Melayani Bangsa’. Salah satu makna pentingnya adalah nilai tambah berupa kolaborasi lintas organisasi sehingga memudahkan birokrasi lebih lincah dan inovatif. Seperti kita ketahui bersama, perubahan Birokrasi yang dinamis tidak dapat diraih tanpa transformasi pengelolaan SDM Aparatur yang mumpuni sebagai motor dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

 

Berdasarkan hasil survei Budaya Kerja dari Biro Organisasi Pemprov Jabar yang dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2021, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat meraih kategori “Sangat Baik”, semoga hasil yang telah diraih dapat terus memotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk Jawa Barat.