BKD MENJADI PILOT PROJECT SI-ASN

    Dibaca 393 kali

Hotel Grand Sun Shine yang bertempat di kecamatan Soreang Kabupaten Bandung dipilih untuk menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan Verifikasi dan Validasi Pengusulan Kenaikan Pangkat yang diselenggarakan oleh BKD Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Mutasi dan Promosi.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai dari hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022 sampai dengan hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022. Kesempatan tersebut juga dihadiri oleh tim pengusulan kenaikan pangkat dari BKN Kanreg Tiga selaku eksekutor dari pelaksanaan kegiatan kenaikan pangkat untuk PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Wilayah Jawa barat dan Banten

 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk melakukan percepatan proses kenaikan pangkat PNS di wilayah Jawa Barat, percepatan yang dimaksud adalah jika ada kendala atau kesalahan dan kekurangan berkas yang mengakibatkan tidak memenuhi syarat kenaikan pangkat maka mudah untuk diperbaiki jika pengusul dan eksekutor naik pangkat bekerja dalam satu atap dalam waktu yang bersamaan.

 

Saprudin sebagai salah satu pendekar pengelola kenaikan pangkat yang handal di BKD Provnsi Jawa Barat mengatakn bahwa usulan kenaikan pangkat yang diajukan oleh BKD Provinsi Jawa barat sebagai fasilitator ke BKN sebanyak lebih dari 1200 usulan dan hal tersebut akan bertambah karena jumlah tersebut baru jumlah usulan dari PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum dengan PNS Kabupaten/Kota di wilayah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 

“Jumlah segitu (1200) itu ajuan dari (pengelola ASN) Jawa Barat saja, belum ditambah kabupaten/ kota, biasanya ajuan (kenaikan pangkat) dari Kabupaten/Kota itu 200% jumlahnya lebih banyak dari ajuan (kenaikan pangkat) Provinsi (Jawa Barat).” Ujar Saprudin.

 

Widyaningsih selaku Komandan Lapang kegiatan ini menyatakan bahwa terdapat hal baru pada kegiatan verifikasi dan validasi periode oktober yang dilakukan kali ini, yaitu BKD Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu dari lima belas instansi sen nasional yang ditunjuk BKN untuk menjadi pilot project kenaikan pangkat menggunakan aplikasi SI-ASN.

 

“BKD Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu pilot project (penggunaan) SI-ASN yang dibuat oleh BKN, tujuan dari aplikasi SI-ASN ini adalah untuk menggabungkan tiga aplikasi kenaikan pangkat sebelumnya (MANG ASEP, SAPK, dan DOCUDIGITAL), nah sekarang cumin satu aplikasi.” Ujar Widyaningsih.

 

Kendala yang terjadi pada pelaksanaan verifikasi dan validasi pengusulan kenaikan pangkat periode oktober 2022 ini, selain kendala teknis aplikasi yang belum sempurna juga masih muncul kendala klasik yang dilakukan oleh para pengusul kenaikan pangkat yaitu masih ada ASN yang belum melengkapi data dasar di SIAP JABAR sehingga menghambat proses kenaikan pangkat yang bersangkutan.