images

Hari ini Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pengembangan Aparatur melanjutkan kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Jabatan Fungsional ke Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, yang mengambil tempat di SMAN 6 Kota Bogor. Pada kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini, Tim Pembinaan Jabatan Fungsional (PJF) menyampaikan sejumlah materi seputar Jabatan Fungsional dan penjelasan teknis aplikasi layanan kepegawaian fungsional. Selain itu, dari Tim Mutasi juga menyampaikan materi tentang mekanisme, jenis, alur dan persyaratan mutasi PNS.

 

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala SMAN 6 Kota Bogor selaku tuan rumah, Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II yang diwakili oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, perwakilan Pengawas Sekolah di Cabang Dinas Wilayah II, serta sambutan dan materi Kebijakan Umum Jabatan Fungsional oleh perwakilan Tim PJF BKD, dilanjutkan penyampaian materi secara paralel oleh para penyaji dari Badan Kepegawaian Daerah serta diskusi dengan para peserta terkait dengan kendala atau permasalahan di lapangan. Tim BKD kembali menekankan pentingnya integritas serta kelengkapan, kesesuaian dan kemutakhiran data/dokumen setiap ASN pada aplikasi SIAp Jabar, untuk kemudahan dan kelancaran dalam setiap urusan kepegawaian berbasis digital.

 

Adapun peserta kegiatan ini terdiri dari Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru, serta para Pengelola Kepegawaian baik dari Sekretariat Dinas Pendidikan, Cabang Dinas Pendidikan, serta SMA, SMK dan SLB di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, yang mendapatkan pembekalan materi sebagai berikut :

  1. Kebijakan pengangkatan Pelaksana Guru/Calon Guru ke dalam Jabatan Fungsional Guru yang harus diselesaikan paling lambat Desember 2024;
  2. Kebijakan dan Tata Cara Mutasi atau Perpindahan Jabatan Fungsional;
  3. Kebijakan dan Tata Cara Penilaian serta Penetapan Angka Kredit Konversi;
  4. Kebijakan dan Tata Cara Penerbitan dan Penyesuaian Nomenklatur Jabatan Fungsional Guru; dan
  5. Kebijakan Pemberhentian dan Pengangkatan Kembali dalam Jabatan Fungsional.

 

Pada kegiatan ini diserahkan pula dokumen Berita Acara Sumpah/Janji Jabatan dan Surat Pernyataan Pelantikan untuk 141 orang PPPK Guru tahap IV dari Badan Kepegawaian Daerah, simbolis kepada 3 orang perwakilan PPPK Guru dan Kepala Tata Usaha yang akan mendistribusikan lebih lanjut ke setiap sekolah di lingkungan Cabang Pendidikan Wilayah II.

 


Tags :